-->

Incla Saumlaki Dukung Pemerintah Tingkatkan Potensi Pariwisata

Incla Saumlaki Dukung Pemerintah Tingkatkan Potensi Pariwisata
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Hotel Incla Saumlaki mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku dalam meningkatkan potensi Pariwisata di Kepulauan Tanimbar.

“Kami sangat mendukung Pemda, karena kalau kita mau lihat jumlah okupansi (hunian kamar) di hotel kami hanya meningkat cuma dari dua hal, yatu bisnis dan pariwisata,” ujar Manager Hotel Incla Saumlaki, Ricky Jauwerissa kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya Jalan Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), MTB pada Kamis (28/6).

Dikatakan, pihaknya sangat mendukung program peningkatan kerja Pemda MTB terkait peningkatan potensi pariwisata di Bumi Duan Lolat karena dari aspek itu sangat menguntungkan perhotelan. Sebab potensi wisata di MTB sangat luar biasa, masih sangat alami dan tidak kalah indahnya dengan objek wisata di daerah lain.

“Kalau dilihat, kita punya pantai yang masih alami. Tinggal dipoles saja tanpa merubah apa-apa yang penting bersih dan keamanan. Saya dengar Pemda sudah mau bikin danau yang di sebelah bandara, Pantai Weluan dan Pantai Cinta Kasih. Ya semoga itu bisa terealisasi tahun depan,” nilai dia.

Jauwerissa mengharapkan dukungan kepada pemerintah ini dapat ditindak lanjuti dengan tindakan-tindakan nyata pemerintah untuk melaksanakan semua rencana pengembangan dan promosi wisata tersebut. 

Sebab selain mendukung ia menyayangkan upaya promosi wisata dari pemerintah yang tidak berjalan secara berkesinambungan, tapi hanya terlihat untuk jangka waktu tertentu. Salah satu contohnya adalah upaya promosi Pulau Matakus yang dinilai berlebihan dan kurang efisien.

“Dari dulu pemerintah bilang untuk membuat Matakus sebagai objek wisata. Sementara untuk ke Matakus untuk orang lokal saja, biayanya besar,” kata dia.

Upaya promosi Matakus itu dinilai hanya sementara saja, sebab selain tidak ada akses pasti untuk wisatawan lokal berkunjung ke matakus secara berkala, pemerintah juga belum pernah melirik secara serius potensi wisata yang ada di sekitar Kota Saumlaki, seperti Pantai Weluan, Pantai Kenyar Jaya, Air Bomaki dan Webolar. 

“Pemerintah juga belum ada upaya wisata di dalam kota ini, yang istilahnya kita bisa jangkau dengan darat saja belum baik. Trus harus pergi jauh dengan speedboat yang bikin biaya lebih besar, inikan salah. Harusnya pemerintah fokus dengan biaya yang lebih terjangkau untuk orang-orang lokal dapat pergi dahulu. Sebab akhirnya saat ini malah Matakus tidak berkembang,” ujar dia.

Ia juga meminta pemerintah dapat konsisten dalam mempromosikan wisata tanimbar. Sebab banyak tamu yang mengunjungi suatu daerah karena adanya promosi yang gencar dan konsisten dari daerah tersebut. 

“Sekarang ini daerah-daerah Timur sering lakukan advertising atau iklan untuk pariwisata, dan sangat gencar. Tujuannya sehingga tamu-tamu dari luar berdatangan dan pendapatan daerah itu pasti meningkat. Tapi MTB yang terbentuk pada tahun 2002 sampai dengan sekarang tidak ada perhatian sama sekali dari pemerintahan untuk promosikan wisata di Tanimbar,” ujar dia. 

Hasilnya menurut Jauwerissa, hotelnya saat ini harus menghadapi tantangan untuk tetap bertahan dengan kurangnya wisatawan ke Tanimbar. 

“Kondisinya sejak Hotel Incla dibuka dari tahun 2011 sampai dengan 2018 sekarang ini, kendalanya memang jumlah penghuni masih kurang,” aku dia. 

Selain kurangnya wisatawan, ekspetasi dari kehadiran perusahaan minyak dan gas (migas) yang mengelola Blok Masela, Inpex dalam waktu dekat ini masih belum terlihat, sehingga pihaknya hanya berharap pemerintah yang pada akhirnya akan mendapatkan keuntungan dari meningkatnya kehadiran wisatawan di Tanimbar ini harus membuktikan promosi potensi wisata yang saat ini sedang gencar diwacanakan. (Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel