-->

Baznas Provinsi Papua Raih Juara 1 di Festival Ekonomi Syariah KTI 2024

Baznas Provinsi Papua Raih Juara 1 di Festival Ekonomi Syariah KTI 2024

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Papua berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi Lembaga Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) Unggulan KTI pada ajang Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (FESyar KTI) 2024 yang berlangsung sejak tanggal 7-10 Juli 2024 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Capaian tersebut tidak lepas dari lima program unggulan yang telah diimplementasikan dan disalurkan ke berbagai lapisan masyarakat Papua masing-masing di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan, dan tanggap darurat bencana. 

Baznas Provinsi Papua adalah lembaga pemerintah non-struktural yang bertugas mengelola zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di wilayah Papua. Pada sesi penjurian, Ketua BAZNAS Provinsi Papua, Edi Mirza memaparkan mengenai kelima program prioritas penyaluran Baznas di Papua dimaksud. Dalam penjurian dimaksud, program unggulan Baznas Provinsi Papua dikompetisikan dengan 18 (delapan belas) lembaga Ziswaf dari 17 (tujuh belas) provinsi dalam lingkup KTI (Kalimantan, Balinusra, dan Sulampua).

Bank Indonesia Papua terus berkolaborasi dan bersinergi bersama Baznas Provinsi Papua dalam pengelolaan dana zakat, infaq, dan sedekah. Penyaluran dana tersebut diharapkan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di wilayah Papua, baik muslim maupun non-muslim. Salah satu wujud nyata kolaborasi ini adalah pengentasan stunting antara Bank Indonesia Papua dan Baznas di Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.

Dalam Fesyar KTI 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua membawa 13 pegiat ekonomi syariah masing-masing: (i) dua UMKM Pelaku Usaha Syariah (PUS), (ii) dua Nazhir, (iii) satu Dai dan satu Daiyah, (iv) dua Juru Sembelih Halal, (v) satu lembaga Ziswaf, (vi) dua Chef, serta (vii) dua Fashion Designer.  Bank Indonesia Papua berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan ekonomi syariah serta mendorong terciptanya sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru di Papua. Sinergi yang erat antara Bank Indonesia Papua dan Baznas Papua diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi syariah di wilayah Papua dan membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di Tanah Papua. (BI Papua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel