-->

Pariwisata Papua Selatan Alami Pertumbuhan Signifikan pada Juli 2024

Pariwisata Papua Selatan Alami Pertumbuhan Signifikan pada Juli 2024

MERAUKE, LELEMUKU.COM - Sektor pariwisata di Papua Selatan menunjukkan perkembangan positif pada Juli 2024. Tingkat Penghunian Kamar (TPK) dan Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) di hotel-hotel di wilayah ini mengalami peningkatan, mencerminkan semakin tingginya minat wisatawan untuk berkunjung.

Kepala BPS Provinsi Papua, Adriana H. Carolina, SE, MM, pada 2 September 2024 mengungkapkan bahwa TPK Hotel Bintang di Papua Selatan selama Juli 2024 mencapai 63,48%, meningkat 12,18 poin dibandingkan Juni 2024 yang hanya sebesar 51,30%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah kamar hotel berbintang di Papua Selatan telah terisi, menandakan tingginya tingkat hunian. Jika dibandingkan dengan Juli 2023, TPK Hotel Bintang juga mengalami kenaikan sebesar 21,42 poin.

Peningkatan TPK tidak hanya terjadi pada hotel berbintang, tetapi juga pada Hotel Non-Bintang, yang mencatatkan TPK sebesar 30,29% pada Juli 2024. Angka ini naik 8,39 poin dari bulan sebelumnya dan 10,07 poin dibandingkan dengan Juli 2023. Kenaikan terbesar terjadi pada kelas tiga dan empat hotel non-bintang.

Selain tingkat hunian, rata-rata lama menginap tamu juga menunjukkan tren positif. RLMT untuk Hotel Bintang pada Juli 2024 mencapai 2,68 hari, naik 0,52 poin dibanding Juni 2024 dan 0,40 poin dibandingkan Juli tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan bahwa wisatawan cenderung tinggal lebih lama di Papua Selatan, terutama pada hotel berbintang satu dan dua.

Sementara itu, RLMT Hotel Non-Bintang juga mengalami kenaikan menjadi 1,95 hari pada Juli 2024, meningkat 0,50 poin dari bulan sebelumnya. Kenaikan ini terutama terjadi pada kelas tiga dan empat hotel non-bintang, yang mencerminkan semakin banyaknya wisatawan yang memilih akomodasi jenis ini.

Pertumbuhan TPK dan RLMT yang signifikan menunjukkan bahwa Papua Selatan berhasil menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun internasional. Peningkatan ini juga mengindikasikan bahwa kualitas akomodasi dan pelayanan di Papua Selatan semakin baik, sehingga mampu meningkatkan durasi kunjungan wisatawan. (BPS Papua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel