-->

Usai Pilkada, Maluku Tenggara Barat Buka Kuota 300 CPNS

Usai Pilkada, Maluku Tenggara Barat Buka Kuota 300 CPNS
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemerintah pusat akan memberikan kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kepada Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sebanyak 300 lowongan.

Menurut Bupati MTB, Petrus Fatlolon, kuota ini akan dibuka usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang dilaksanakan pada akhir bulan Juni ini.

"Di tahun anggaran 2018 ini, setelah Pilkada, Pemerintah Pusat akan memberikan kuota CPNS bagi Pemerintah Daerah MTB sebanyak tiga ratusan PNS yang terkonsentrasi pada Pendidikan dan Kesehatan," ujar Fatlolon saat memberikan sambutan pada pembagian SK dan mengangkat 1.131 pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2018  di Gedung Kesenian Saumlaki, Jl Ir Soekarno pada Rabu (6/6).

Ia juga mengajak semua pegawai kontrak dan anak daerah agar dapat mempersiapkan diri guna mengikuti perekrutan ini.

"Saya berharap kepada Pegawai Kontrak Daerah untuk dapat mempersiapkan diri karena proses pendaftaran dan proses seleksi CPNS sudah dilakukan secara online," ajak Bupati.

Dikatakan hal ini harus dilaksanakan guna meningkatkan kualitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia khususnya PNS dan Tenaga Kontrak Daerah secara profesional dan tanpa melihat latar belakang yang berkaitan dengan nepotisme. 

"Mereka kedepan, haruslah mampu menjawab seluruh kebutuhan pembangunan, karena itu proses seleksi CPNS sudah tidak dapat ditawar-tawar dan tidak akan terjadi karena Bupatinya orang Meyano maka seluruh orang Meyano akan menjadi PNS dan contoh-contoh lain karena masanya sudah lewat, dan sekarang ini yang dibutuhkan adalah profesionalisme," papar dia.

Sebelumnya Bupati Fatlolon menyatakan menteri meminta agar proses seleksi CPNS di Kabupaten MTB dilakukan setelah Pilkada agar menghindari adanya kepentingan-kepentingan politik.

 “Menteri sudah meminta bahwa seleksi CPNS akan dilakukan setelah Pilkada, supaya menghindari adanya  kepentingan-kepentingan politik di balik proses CPNS,” kata dia di Halaman Kantor Bupati MTB, Pada Rabu (02/05).

Bupati Fatlolon mengungkapkan untuk seleksi CPNS pada tahun 2018 ini ada sekitar 300 tenaga yang akan direkrut dan khusus formasi tenaga guru pihaknya akan mengambil 100 lebih tenaga.

“CPNS kita dari  tiga ratusan  itu ada seratus lebih  tenaga guru,” ungkap ia.

Fatlolon mengharapkan lewat seleksi yang akan dilakukan nantinya dapat memenuhi kebutuhan sekitar 600 tenaga guru di Kepulauan Tanimbar.

“Diharapkan untuk tahun ini separuh dari kebutuhan kekurangan guru itu bisa terpenuhi. Sehingga dua atau tiga tahun ke depan semua sudah bisa tercapai,” harap dia.(Anna Aurmatin)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel