-->

Dinkes Papua Kekurangan Tempat Penyimpanan Vaksin Campak dan Rubella Polio

Dinkes Papua Kekurangan Tempat Penyimpanan Vaksin Campak dan Rubella PolioJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua mengakui pihaknya mengalami kendala, kekurangan tempat penyimpanan vaksin campak dan rubella polio.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aron Rumainum, jika kebutuhan vial vaksin sekitar 100.000, yang akan masuk hanya sekitar 20.000. 

Bahkan ada empat tahapan pengiriman dari Jakarta, sehingga bila provinsi mengalami kekurangan, hal serupa pun dialami kabupaten dan kota.

“Makanya vaksin ini biasa disimpan di cold room. Kalau di Puskesmas disimpan di kulkas penyimpanan vaksin atau vaksin refreegator. Nah, di semua kabupaten/kota memiliki tempat penyimpanan vaksin, tapi  dari 405 Puskesmas masih perlu diusahakan di 92 Puskesmas,” katanya.

Oleh karenanya, sambung dia, yang perlu dicarikan solusi adalah bagaimana mengatasi di 92 Puskesman yang  tak memiliki tempat penyimpanan vaksin. Sebab vaksin rubella, hidup yang jika disimpan di cold room hanya mampu bertahan 14 hari.

Dia katakan, baru-baru ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah mengirim logistik berupa 20.000 vial vaksin, alat suntik, poster, leaflet, cold room ke 18 Kabupaten/Kota, untuk kegiatan  pelaksanaan pencanangan imunisasi massal  campak rubella polio secara serentak di seluruh Indonesia pada 1 Agustus 2018 mendatang.

Sedangkan untuk bahan-bahan berupa buku-buku penyuluhan kepada  orang tua, guru dan kader sudah dikirim ke 21 Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Papua.

Aron menambahkan, pihaknya belum dapat mengirim vaksin campak rubella polio ke empat Kabupaten, yakni Paniai, Mamberamo Tengah, Yahukimo dan Puncak.

“Untuk itu, kami akan sosialisasi di Paniai dulu setelah Pilbub setempat pada 25 Juli mendatang. Kalau aman maka kami akan sosialiasi disana 27 - 28 Juli 2018 atau 30-31 Juli 2018,” terangnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel