-->

Peringati HPSN, Bodewin Wattimena Harap Ambon Bersih Sampah


AMBON, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Pj.Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena berharap salah satu dari 11 kebijakan prioritasnya, yakni  “Ambon Bersih” dapat terwujud.

Hal tersebut disampaikannya, saat membuka kegiatan HPSN, pada Cafe Teluk Ambon, Kecamatan Baguala, Selasa (21/2/23).

Dirinya mengungkapkan, guna mewujudkan kebijakan tersebut perlu ada sinergitas dari semua pihak termasuk masyarakat. Hal ini tentu bertujuan agar ada kesadaran terkait dengan memperhatikan lingkungan yang telah kita jaga dan kita rawat.

“Ambon bersih ini saya bilang di mana-mana bahwa sesungguhnya ini bisa diwujudkan kalau tercipta sinergitas antara seluruh elemen masyarakat dengan Pemerintah,” ungkap Wattimena.

Sementara ini, Pemkot sedang berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini dari lapisan paling bawah. Yakni mengerahkan masyarakat dari tingkat RT/RW, sehingga hal ini dapat membangkitkan rasa tanggung  jawab dan kesadaran masyarakat, untuk membuang sampah di tempat dan waktu yang tepat.

“Yang sementara kita lakukan adalah menyerahkan tanggung jawab ini ke kecamatan dan kemudian akan didistribusikan ke Kelurahan/Desa/Negeri untuk melakukan pengelolaan sampah secara langsung. Tidak lagi kita lakukan dengan tingkat Pemkot supaya makin kecil ruang lingkupnya, lalu bisa memicu keterlibatan masyarakat lewat RT/RW dan seterusnya,” ulasnya.

Melalui peringatan HPSN ini, Wattimena berharap seluruh masyarakat yang berada di kota ini dapat membantu Pemerintah untuk mewujudkan salah satu dari 11 kebijakan prioritas.

“Di HPSN ini saya meminta kita semua untuk dengan keberadaan kita baik itu dengan kekuatan, kedudukan, fungsi, tugas kita sebagai Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sebagai apapun itu mari kita bersama sama berkolaborasi dalam tindakan yang bersinergi satu dengan yang lain untuk mengatasi persoalan sampah di kota Ambon tercinta,” tandas Wattimena.

Untuk diketahui, perayaan HPSN Tahun 2023 ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan diantaranya, sosialisasi, bakti sosial, dan penanaman mangrove pada Teluk Ambon, yang dilakukan oleh Pemkot bersama dengan Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku (IKMANEMA). (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel