-->

Resmikan Tol Semarang-Demak, Jokowi Ingatkan Soal Kecepatan Distribusi Barang


SEMARANG, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Jalan Tol Semarang-Demak, seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada Sabtu, 25 Februari 2023. Dalam sambutannya, presiden mengingatkan soal kecepatan distribusi barang yang bisa menjadi daya saing Indonesia.

Jokowi menyebut tol tersebut penting untuk menghubungkan dan mengintegrasikan jalan tol dengan kawasan-kawasan produksi di masing-masing wilayah. Karena itu, dia pun meminta agar semua kepala daerah di wilayah tersebut segera membuat jalur yang terintegrasi dengan kawasan industri, pertanian, perkebunan dan pariwisata.

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di Tanah Air agar gubernur, bupati/wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing," ujar Jokowi dalam keterangannya, Sabtu, 25 Februari 2023.
Jokowi sebut kecepatan distribusi bisa jadi keunggulan Indonesia
 Harga-390rb-REMP-1

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu memaparkan ruas Jalan Tol Sayung-Demak yang diresmikan hari ini memiliki panjang 16,01 kilometer dan menghabiskan biaya sebesar Rp 5,9 triliun. Kepala Negara berharap keberadaan ruas jalan tol tersebut membawa sejumlah manfaat, salah satunya untuk meningkatkan efisiensi transportasi logistik.

“Manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk produksi dari pertanian, perkebunan, dan dari kawasan-kawasan industri yang kita miliki. Sehingga dengan kecepatan itulah efisiensi, daya saing kita, kita miliki,” kata Jokowi.

Selain efisiensi transportasi logistik, Jokowi menyebut pembangunan jalan Tol Semarang-Demak dapat bermanfaat sebagai tanggul laut untuk mengendalikan banjir di wilayah tersebut. Jokowi menyebut badan tol berfungsi menghalau air rob yang semakin hari akan semakin tinggi masuk ke daratan akibat perubahan iklim.
Peresmian Tol Semarang-Demak diwarnai protes warga

Acara peresmian Tol Semarang-Demak itu sempat diwarnai protes warga yang lahannya digunakan untuk proyek tersebut. Mereka menyatakan belum menerima ganti rugi tanah dari pemerintah.

Warga tersebut membentangkan spanduk besar di jalur yang dilalui Presiden Jokowi dan rombongannya. Jokowi sempat menemui perwakilan warga dan berjanji akan segera menyelesaikan masalah tersebut.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto yang ikut dalam rombongan Presiden Jokowi berjanji masalah ganti rugi tanah tersebut akan selesai pada sepekan ke depan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel