-->

37 Raperda Propemperda Tahun 2023 Siap Diparipurnakan

37 Raperda Propemperda Tahun 2023 Siap Diparipurnakan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM -  Sebanyak 37 Rancangan Peraturan Daerah (RanPerda) berupa Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) dan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi (Raperdasi)  yang dimasukkan dalan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2023 siap ditetapkan dalam Rapat Paripurna Non APBD pada Senin, (6/03/2023) mendatang.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRP  bersama Bapemperda yang di pimpin oleh Wakil Ketua I DPRP Dr. Yunus Wonda,SH.,MH dan Ketua DPRP Jhony Rouw,SE serta Anggota Banmus,Anggota fraksi - fraksi DPRP dan Sekretaris DPRP Dr. Juliana Waromi,SE.,M.Si,  Kamis, (2/03/2023). 

"Tadi dalam rapat banmus, kami ( baca : Bapemperda DPRP) diberikan kesempatan untuk mempresentasikan Propemperda tahun 2023. ada sebanyak 37 RanPerda baik Raperdasusmaupun Raperdasi  yang  tadi kami presentasikan dan oleh anggota banmus bahkan fraksi – fraksi DPRP telah   setuju untuk Propemperda 2023 ditetapkan dalam Paripurna pada hari senin mendatang, "Tegas Wakil Ketua Bapemperda DPRP Natan Pahabol,SE kepada Humas DPRP usai rapat Banmus yang digelar diruang rapat badan anggaran DPRP, Kamis, (02/03/2023).

Dikatakan Pahabol bahwa setelah Propemperda tahun 2023 ditetapkan, Bapemperda akan segera menjadwalkan proses dan tahapan pembahasan dan penetapan 37 RanPerda sesuai proses pembentukan peraturan daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kalau sudah ditetapkan dalam Propemperda  tahun 2023 maka selanjutnya kami internal Bapemperda akan menjadwalkan  proses dan tahapan pembahasan dan target kami, setiap triwulan akan dilakukan Paripurna Non APBD. Jadi setiap triwulan paling tidak 7 sampai 8 RanPerda kita harus bahas dan selanjut menetapkan dan atau mengesahkan menjadi Perda yang tentunya sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku," Bebernya

Ditambahkan Politisi Partai Gerindra Papua ini bahwa  37 RanPerda Propemperda tahun 2023 terbagi atas 19 Raperdasi/Raperdasus usul inisiatif DPRP dan 18 Raperdasi/Raperdasus lainnya berasal dari pihak eksekutif.

"19 RanPerda  adalah usul inisiatif DPRP dan 18 Ranperda dari eksekutif. Khusus untuk Raperdasus ada sekitar 7 rancangan, antara lain :        Raperdasus tentang  Penyertaan Modal Daerah Kepada Pihak Ketiga, Raperdasus tentang Mekanisme Kepemilikan Saham Lembaga Mikro, Raperdasus tentang Pengisian Keanggotaan DPRD,Raperdasus tentang Kewenangan Khusus Provinsi,Kota/Kabupaten, Raperdasus tentang Usaha Perekonomian Raperdasus tentang Dana Abadi dan Raperdasus tentang Pengawasan Sosial, Raperdasus tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Ekonomi Orang Asli Papua, sisanya adalah Raperdasi," Pungkasnya. (Humas DPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel