-->

Derek Hegemur Pimpin Ikrar Netralitas ASN pada Pemilu 2024

Derek Hegemur Pimpin  Ikrar Netralitas ASN pada Pemilu 2024

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur memimpin pengucapan Ikrar Netralitas ASN pada Pemilu 2024, di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Senin (15/1/2024) pagi.

Pengucapan ikrar yang salah satu poinnya, menjaga dan menegakan prinsip netralitas pegawai ASN di instansi masing-masing, dilakukan setelah Sosialisasi Netralitas bagi ASN oleh Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pegawas Pemilu.

Selanjutnya, penandatangan Pakta Integritas Netralitas ASN pada Pemilu 2024 oleh pimpinan OPD Pemprov Papua.

"Arahan sudah jelas bahwa ASN itu harus menjaga netralitas, jadi kita tidak ikut langsung dalam semua tahapan Pemilu 2024. Sementara untuk melakukan pengawasan, kami akan menggerakan OPD teknis seperi inspektorat dan lainnya," tegas Derek kepada pers, disela-sela agenda tersebut.

Masih menurut Derek, semua ASN di Papua wajib menjalankan ikrar dan pakta integritas dengan sebaik-baiknya. Hal ini penting sehingga tercipta iklim yang kondusif jelang dan pasca pesta demokrasi sepanjang 2024 ini.

"Intinya jangan sampai ikut dengan kegiatan-kegiatan politik atau berpihak ke seseorang dengan indikasi ketidaknetralan. ASN harus memiliki integritas, profesionalitas, netralitas dan bebas intervensi politik," imbaunya. 

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon menyebut wilayah Bumi Cenderawasih termasuk salah satu daerah yang rawan akan pelanggaran netralitas ASN. Sebab data KPU pada 2020 lalu mencatat, ada sekitar delapan ASN yang dipecat karena terlibat politik praktis. 

"ASN itu dipecat karena jadi tim sukses, ikut kampanye dan lain-lain. Ini bertentangan dengan tugas ASN sehingga memang harus diberi sanksi," tegasnya.

Masih dikatakan Steve, netralitas ASN juga telah diatur dalam tiga Undang-Undang. Sehingga apabila terbukti  melanggar, ada sanksi yang menanti. 

"Paling ringan disanksi hukuman pidana 3 bulan dan denda Rp2 juta, tapi paling berat bisa sampai pemecatan," tandasnya. (Kominfo Papua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel