-->

777 Peserta Didik SMP Negeri 2 Jayapura Ujian SAS

777 Peserta Didik SMP Negeri 2 Jayapura Ujian SAS

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jayapura, Kota Jayapura menyelenggarakan ujian Sumatif Akhir Semester (SAS) Tahun Ajaran 2023/2024 Tahun 2024.

Ujian SAS yang berlangsung di SMPN 2 Jayapura, Distrik Abepura, Senin (27/5/2024) berlangsung selama lima hari diikui 777 peserta didik kelas 7 dan 8 (Kelas 7 ada 384 dan Kelas 8 ada 393).

Kepala SMP Negeri 2 Jayapura Dorthea Carolien Enok mengatakan pelaksanaan ujian SAS secara online atau Computer Based Test (CBT), karena didukung dengan aplikasi.

Selain itu, CBT dinilai hemat anggaran. Dengan jumlah peserta didik 1.146 siswa, bila melangsungkan ujian secara manual atau paper atau tertulis dianggap membebani biaya.

Ujian SAS Tahun Ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 2 Jayapura untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran atau capaian pembelajaran siswa sebagai landasan untuk menentukan kenaikan kelas.

“Keunggulan ujian CBT memudahkan peserta didik. Kami jamin tidak ada kebocoran soal. Kami menyampaikan terimakasih kepada panitia dan dukungan orang tua sehingga pelaksanaan ujian ini berlangsung lancar,” ujarnya.

Tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 2 Jayapura melaksanakannya dengan harapan agar siswa yang telah mengikuti pembelajaran, telah melakukan proses pembelajaran dengan baik, sakit, ijin, dan alpa menjadi penilaian untuk siswa naik kelas atau tidak.

Ujian sekolah merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan kurikulum yang tidak dapat dipisahkan atau dengan kegiatan lainnya. Berhasil atau tidaknya pelaksanaan kurikulum dapat dilihat dari keberhasilan ujian dalam arti sesungguhnya.

Manfaat yang bisa dipetik dari pelaksanaan ujian CBT, yakni membiasakan dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, dan objektif dalam melakukan penilaian karena sistem acak pada soal-soal ujian.

Meski demikian, soal-soal dipastikan acak. Misalnya, soal nomor satu pada peserta A berisi tentang materi X, peserta B bisa saja mendapatkan soal dengan materi Y, sehingga tidak terjadi kebocoran soal.

“Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak enam rumble menggunakan Kurikulum Merdeka. Saya berharap siswa kami mengikuti ujian SAS semuanya naik kelas dan pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar,” ujarnya. (papuaterbit.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel