-->

Disnaker Jayapura latih OAP Jadi Terampil

Disnaker ayapura latih OAP Jadi Terampil

JAYAPURA, LELEMUKU.COM  -  Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura mengadakan pelatihan las dan desain grafis guna meningkatkan sumber daya (SDM) bagi tenaga kerja Orang Asli Papua atau OAP.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Sub kegiatan proses pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi tahun 2024 Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, bekerja sama dengan USTJ dan SMK Negeri 3 Teknologi dan Rekayasa Jayapura.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan untuk meningkatkan keterampilan kejuruan las dan desain grafis bagi pencari kerja, menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai, dan mengurangi angka pengangguran di Kota Jayapura.

Pelatihan yang diikuti 33 (las 15 orang dan desain grafis 18 orang) dilaksanakan dalam waktu 14 hari atau dua minggu terhitung mulai 28 Mei hingga 5 Juni 2024, bertempat di SMKN 3 Teknologi dan Rekayasa Jayapura dan USTJ Jayapura.

“Setelah dilaksanakan pelatihan akan dilanjutkan dengan kegiatan magang bagi peserta serta mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh LPK dan Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura,” ujar Kadisnaker Kota Jayapura, Djoni Naa di Hotel Horison Kotaraja, Selasa (28/5/2024).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Jayapura, Nur Bi Adji mengatakan mempersiapkan tenaga kerja siap pakai dan mempersiapkan lapangan kerja baru mengingat tingginya angka pencari kerja yang sudah mencapai 10 ribu lebih hingga 2023.

Dalam mempersiapkan lapangan kerja baik bagi diri sendiri dan bersama orang lain, maka diperlukan peningkatan kualitas kerja dan profesionalisme agar menjadi tenaga kerja produktif serta memiliki daya saing.

Peningkatan SDM melalui pelatihan dan bimbinga teknis menjadi tanggung jawab pemerintah, BUMN, BUMD agar tenaga kerja memiliki daya saing, sehingga meningkatkan perekonomian.

“Ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya mengejar sertfikasi tapi hasil dari pelatihan ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya,” ujarnya. (papuaterbit.id)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel