-->

BI Papua Gelar GNPIP 2024 untuk Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan

BI Papua Gelar GNPIP 2024 untuk Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan

MERAUKE, LELEMUKU.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua (KPw BI Papua) mengadakan seremoni Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Papua Selatan tahun 2024 di Lapangan Kantor Bupati Merauke. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan dan menjaga stabilitas harga melalui inovasi, sinergi, dan digitalisasi.

Kepala Perwakilan BI Papua, Faturachman, menekankan bahwa pengendalian inflasi dilakukan dengan mengacu pada kerangka 4K, diantaranya keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif. 

"Penerapan strategi ini bertujuan untuk memastikan harga pangan tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat," ujar Faturachman pada Kamis, 25 Juli 2024.

Selain itu, acara ini juga menyoroti pentingnya sinergi lintas instansi dalam mencapai tujuan ketahanan pangan. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terlibat dalam GNPIP Papua Selatan dapat berkolaborasi secara efektif untuk mendorong peningkatan produksi pangan di wilayah tersebut.

GNPIP 2024 juga mencakup pemberian bantuan sarana prasarana pertanian kepada beberapa kelompok tani di Merauke dan Nabire. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian lokal dan mengurangi ketergantungan pada pasokan pangan dari luar daerah.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan kerjasama antara distributor di Kota Jayapura dan gapoktan bawang merah di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Kerjasama ini diharapkan dapat memperluas distribusi pangan dan memastikan ketersediaan pangan yang cukup di Papua Selatan. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel