-->

Basarnas Jayapura Gelar Rakor dan Penyusunan Rencana Kontigensi kecelakaan Kapal di Sarmi

Basarnas Jayapura Gelar Rakor dan Penyusunan Rencana Kontigensi kecelakaan Kapal di Sarmi

SARMI, LELEMUKU.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura gelar Rapat Koordinasi (RAKOR) penyusunan rencana kontinjensi kecelakaan kapal di wilayah perairan Sarmi yang dilaksanakan di Pos SAR Sarmi  bertempat di Aula Hotel Twelve kab.sarmi yang dikuti oleh perwakilan 21 peserta  dari SKPD Kab.Sarmi,TNI,POLRI,Media,dan Masyarakat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan  tanggal 3 oktober 2024 . Dimana acara tersebut di buka  Oleh PJ Bupati Kab.Sarmi Ir.Iman Djuniawal,M.si dan dihadiri secara langsung Oleh DIrektur Operasi Basarnas Brigjend TNI (Mar) Edy Prakoso,S.E.,MM.,M.tr.Opsla.

Dalam sambutan Direktur Operasi Basarnas mengatakan bahwa kunjungan ini untuk pertama kali di Pos SAR Seindonesia dan dilaksanakan di Pos SAR Sarmi,beliau memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintahan Kab.Sarmi,TNI/Polri,Forkopinda yang telah hadir dalam kegiatan Rakor.

Rakor SAR merupakan sarana media konsolidasi antara kantor pencarian dan pertolongan Jayapura dengan stack folder terkait guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas menguatkan Kerjasama sekaligus berkontribusi terhadap penguatan visi Basarnas Yaitu terwujudnya Upaya pencarian dan pertolongan yang handal dan efektif,sebagaimana amanat Undang-undang No 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan tugas dan tanggung jawab Basarnas adalah menyelenggarakan segala Upaya dalam bidang Search and Rescue.

Tugas dan fungsi adalah memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat,kapal ,kecelakaan penanganan khusus,bencana pada tahap darurat dan kondisi  membahayakan manusia.

Dalam mewujudkan tercapainya pelayanan SAR yang Optimal pada masyarakat dukungan dan komitmen Kerjasama dalam misi kemanusiaan menjadi salah satu kekuataan kita Bersama sama untuk mewujudkan keselamatan pada transportasi,penerbangan,pelayaran,situasi bencana maupun kondisi membahayakan manusia.

Dengan di dengungkan adanya Megathrust maka kita harus mengatisipasi bagaimana menyelamatkan warga di kabupaten Sarmi sehingga meminimalkan jumlah korban.

Tentunya untuk mencapai  keberhasilan dari setiap  tugas bukanlah suatu yang mudah namun bukan pula sesuatu yang tidak mungkin dengan kebersamaan tetap bersinergi dengan kesungguhan yang berkelanjutan semanya tentu bisa kita laksanakan dengan baik,pada kesempatan yang baik ini dengan berkumpulnya elemen elemen yang strategis dari potensi SAR,Pemda sarmi,TNI,POLRI dan Masyarakat kita pertahankan Kerjasama yang sudah terjalin  dengan baik untuk terus berkelanjutan bahkan perlu di tingkatkan.

Mengkhiri sambutanNya Dirops Basarnas mengucapkan terima kasih kepada Pihak pihak yang mendukung Rakor SAR khususnya kepada Pj Bupati sarmi dan seluruh staf terkait sehingga pelaksanaan ini diharapkan bisa berjalan dengan baik.

PJ  Bupati Kab.Sarmi dalam sambutannya mengatakan bahwa kabupaten Sarmi adalah kabupaten wilayah pesisir yaqng memiliki perairan yang luas dan menjadi jalur pelayaran penting dengan garis Pantai sepanjang 84.058 km dan luas 2.670 km yang terletak dari distrik Pantai barat,sarmi Selatan,sarmi,sarmi timur,Pantai timur bagian barat,Pantai timur dan Bonggo,sebagai daerah pesisir sarmi mengandalkan sektor perikanan dan Sebagian besar masyarkat lokal bekerja srbagai nelayan.

Kegiatan Rakor dan penysusnan rencna Kontijensi mempunyai ini memiliki peran strategis dlaam menyiapkan Langkah Langkah antisipasipatif,didalamnya terkandung Upaya untuk memastikan kesiapsiagaan dan tanggap darurat Ketika terjadi kecelakaan kapal setiap elemen yang terlibat baik dari SAR,TNI,POLRI,Pemerintah Daerah,Masyarkat Nelayan serta seluruh pemangku kepentingan ,yang harus memiliki pemahaman yang samadan Langkah yang terintegrasi.

Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer dan memberikan hasil yang konkret bagi peningkatan keselamatan pelayaran di wilayah sarmi.

Semoga Tuhan yang Esa senantiasa memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita semua dalam melaksanakan tugas tugas mulia ini.seraya menabuh Tifa membuka Kegiatan. (Basarnas Jayapura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel