-->

Jadi Narasumber Orientasi DPRD Minahasa Utara, Sekda Jufri Rahman Jelaskan Tugas Anggota Dewan

Jadi Narasumber Orientasi DPRD Minahasa Utara, Sekda Jufri Rahman Jelaskan Tugas Anggota Dewan

MAKASSAR, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menjadi narasumber dalam orientasi Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara periode 2024-2029, di Hotel Mercure, Makassar, Rabu, 23 Oktober 2024.

"Saya tahu betul posisi bapak dengan tugas DPRD. Itu sebagai pembuat Perda (Peraturan Daerah). Saya tidak mau mengatakan legislator, karena legislator itu pembuat undang-undang. Sedangkan di level daerah itu pembuat Perda. Oleh karena itu, bukan Badan Legislasi namanya tapi Bapemperda (Badan Pembuat Peraturan Daerah). Kemudian, Bapak itu memiliki fungsi menetapkan anggaran bersama kepala daerah, lalu fungsi sesudah itu bapak awasi," ucapnya.

Adapun tugas pengawasannya, kata Jufri, yakni mengawasi peraturan daerah yang dibuat bersama kepala daerah, mengawasi penggunaan anggaran yang telah disetujui, dan dalam fungsi itu juga punya hak untuk bicara, hak untuk interpelasi, dan beberapa hak DPRD lainnya.

Ia juga mengatakan, dalam menjalankan fungsinya, Anggota DPRD ditempatkan sesuai dengan kapasitas golongannya. "Itulah sebabnya dalam DPRD ada pengelompokan menurut fungsi, namanya komisi. Lalu, orang-orang yang berpikiran sama, sehaluan, dan memiliki latar belakang partai yang sama atau memiliki platform yang mirip, itu baru dikelompokkan dalam sesuatu yang namanya fraksi," ujarnya.

Di hadapan 30 Anggota DPRD Minahasa Utara, Jufri Rahman juga memaparkan materi dengan judul Isu Aktual Implementasi Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Energi, Ekonomi, dan Pangan, Global Security Problems, Enviromental Ethics, dan Human Solidarity. (kominfosulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel