-->

Jhony Banua Rouw Siap Lanjutkan Perjuangan Ramses Ohee untuk Kuatkan Lembaga Adat

Jhony Banua Rouw Siap Lanjutkan Perjuangan Ramses Ohee untuk Kuatkan Lembaga Adat

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pasangan calon Wali Kota Jayapura Nomor Urut 2 Jhony Banua Rouw-HM Darwis Massi yang disapa akrab JBR - HADIR bertekat memperkuat lembaga Adat di kota Jayapura salah satunya lembaga  adat waena kampung dalam kampanye tata muka atau dialog di halaman rumah Ondoafi Besar Kampung Waena, di kota Jayapura,Rabu(2/10/24)

Jhony Banua Rouw atau yang akrab disapa JBR mengatakan bahwa alm Ramses Ohee,telah perjuangkan kursi Anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan. 

Lanjutnya,sosok Alm Ramses Ohee selama menjadi anggota DPR Papua sangat konsisten berbicara tentang hak-hak dasar orang asli Papua terutama menyangkut lembaga-lembaga adat yang ada di Papua," itu bisa dapat posisi yang hampir sama dengan pemerintah,"ucapnya.

Oleh sebab itu, Paslon JBR -HADIR untuk memimpin Kota Jayapura jika di berikan kesempatan terpilih menjadi walikota Jayapura maka program utamanya akan meneruskan perjuangan Alm Ramses Ohee ini.

“Dan, salah satu program kita adalah kita akan memberikan penguatan kepada lembaga-lembaga adat yang ada di Kota Jayapura. Kami pun tidak akan membedakan baik itu yang ada di wilayah Port, tapi yang ada di Heram atau dibilang wilayah Tabi,” katanya

"Kami ingin melibatkan adat dengan duduk bersama membicarakan hal-hal tentang kemajuan rakyatnya, karena adat yang mengetahui masyarakatnya.

“Kita ingin adat ini juga mendapatkan sertifikat tanah secara komunal. Kalau itu punya tanah yang luas, pemerintah adat atau ondoafi bisa menentukan itu, maka bisa sertifikasi bersama-sama dan membuat sertifikat tanah untuk komunal, agar tidak ada lagi pertikaian, supaya adat ini damai,” Tutur JBR.

"Intinya, jika adat bisa membagi suku hingga terbawah, maka bisa diurus sertifikat tanahnya untuk adat,"

“kami akan cari ondofolo atau ondoafi untuk duduk bicara. Jika mereka mau investasi disini, kami mau mereka tidak beli tanah kita, tapi tanah itu menjadi saham bagi mereka yang berinvestasi di sini,nanti bisa merekomendasikan dalam penyerapan tenaga kerja bagi investor yang berinvestasi  sehingga ketika perusahaan itu maju, maka rakyat atau lembaga adat juga akan maju,” Terangnya

Sehingga,di Jelaskan JBR, ketika perusahaan berkembang akan meraup keuntungan yang besar dalam setahun.

" keuntungan dalam 1 tahun Rp 1 miliar, maka jika tanah itu masuk menjadi saham misalnya 30 persen, maka satu tahun masyarakat adat akan mendapat Rp 300 juta. Saya yakin kalau itu berjalan baik, keondoafian kita akan ikut maju dan rakyat akan sejahtera. ( papuaterbit.id)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel